Blogger Widgets

Jumat, 02 Januari 2015

Cara Membuat Akun Facebook dari Komputer Laptop atau Desktop

Mau buat akun Facebook tapi belum tahu cara daftarnya? Apa saja yang dilakukan setelah membuat akun facebook? Mungkin sebagian besar orang sudah tahu caranya, tapi bagaimana dengan pemula atau mereka yang belum tahu cara membuat akun facebook?

Facebook bisa dibilang sebagai rajanya jejaring sosial. Saat tulisan ini dibuat anggota facebook sudah mencapai 1,1 miliar orang, dengan jumlah anggota yang aktif per hari mencapai 665 juta orang (sumber: investor.fb.com).

Tentunya syarat pertama agar bisa bisa gabung adalah harus daftar dulu, nah sekarang kita bagi-bagi tips ringan panduan cara membuat akun di Facebook, serta hal-hal apa saja yang harus dilakukan setelah kita membuat akun facebook. Oke kita mulai dari cara daftar dulu.

Cara Membuat Akun Facebook dari Komputer Laptop atau Desktop

Ada begitu banyak cara untuk mendaftar di facebook, bisa dari browser dekstop atau laptop, bisa dari browser smartphone atau HP, atau bisa juga langsung dari aplikasi khusus Facebook seperti di OS Android maupun IOS punya Apple.

Kita akan mencoba mendaftar melalui browser pada komputer laptop atau dekstop seperti lewat Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer atau lewat browser lainnya. 

Dengan sedikit penyesuaian langkah-langkah ini juga dapat dijalankan melalui browser handphone atau smartphone. 

10 Langkah Mudah Cara Buat dan Pengaturan Awal Facebook

Catatan! Untuk panduan langkah demi langkah ini kami menggunakan browser Google Chrome dari komputer desktop. Untuk browser lain (firefox, opera, internet explorer, safari atau lainnya) pada dasarnya sama saja, jadi tak perlu ragu untuk mencoba.

Langkah 1 – Masuk ke Facebook



Buka browser dan ketik “fb.com” (diketik tanpa tanda petik) pada address bar lalu tekan enter. Akan muncul tampilan seperti di bawah


Perhatikan huruf “https” di awal alamat. Ini menunjukkan koneksi kita ke facebook.com melalui jalur secure atau jalur yang aman. 

Langkah 2 – Mengisi Form Pendaftaran


Pada bagian kanan terdapat form untuk mendaftar. Di sini kita diminta untuk mengisi nama, email, password, dan info lainnya.

Jika belum memiliki email, kita dapat membuat dulu email melalui beberapa layanan email gratis seperti gmail.com atau ymail.com. Masalahnya terkadang membuat email lewat kedua layanan tersebut butuh proses panjang dan berbelit.

Solusinya mudah, kita buat saja email di situs lain yang tidak ruwet proses pendaftarannya. Daftar situs email gratis yang mudah pendaftarannya bisa dilihat pada postingan daftar situs email gratis.

Klik tombol “Mendaftar” setelah mengisi semua info yang dibutuhkan.

Langkah 3 – Upload Gambar Profil



Setelah mendaftar, facebook akan menawarkan kita mencari teman dan melengkapi informasi diri. Kita lewati dulu langkah ini dengan mengklik tulisan “Lewati” dan langsung ke langkah 3 yaitu meng-upload foto profil.

Klik Unggah Foto lalu pilih Choose File


Sebuah jendela akan terbuka, dan pilih foto yang berada pada komputer kita. Tekan OK atau Save untuk mengunggah foto ke facebook. Tunggu hingga proses upload atau unggah selesai.

Setelah proses unggah selesai akan tampak seperti ini.


Klik Simpan dan Lanjutkan

Langkah 4 – Konfirmasi Email

Sebelum kita menggunakan akun Facebook, sangat disarankan untuk mengkonfirmasi alamat email kita. Apakah memang benar kita yang mendaftar atau orang lain yang melakukannya.

Klik tombol Buka email Anda.


Facebook secara otomatis akan membuka tab browser baru untuk menuju ke situs email kita.

Dalam halaman email, buka email dengan “sender” atau pengirim dari Facebook, lalu klik pada tombol “Lengkapi Pendaftaran”. Browser akan membuka tab baru menuju ke halaman Facebook kita.


Langkah 5 – Melengkapi Profil Awal

Tujuan utama dari Facebook adalah agar kita dapat bersosialisasi dengan teman-teman ataupun kenalan kita. Umumnya teman atau rekan adalah mereka yang bersekolah atau bekerja bersama kita. Untuk mempermudah dalam mencari teman tersebut sebaiknya kita mengisi beberapa informasi tambahan agar Facebook dapat membantu mengelompokkan teman-teman kita.

Klik pada nama akun kita untuk membuka halaman “Timeline” atau "Kronologi".


Di bagian bawah foto profil pada halaman Timeline (Kronologi) terdapat form untuk mengisi informasi tambahan bagi profil kita. Informasi ini akan mempermudah kita menemukan teman ataupun sebaliknya.


Catatan! Pada contoh di atas, saat kita mengetik nama kota “Jogja”, Facebook akan menampilkan pilihan sesuai input yang kita ketik. Pilihlah mana yang paling sesuai menurut kita.

Klik tombol “Selanjutnya” untuk mengisi info berikutnya.


Isikan semua informasi yang kita rasa perlu. Misalnya jika kita ingin mencari teman sekolah, tentunya kita harus mengisi informasi sekolah.


Untuk menambahkan informasi, misalnya mengenai angkatan sekolah, klik pada tombol “Perbarui Informasi” di bagian atas halaman Kronologi, lalu klik pada link “Tambahkan Angkatan” dan isikan informasi yang dibutuhkan.


Semakin banyak informasi yang diterima Facebook, maka semakin relevan hasil pencarian teman kita nantinya.

Langkah 6 – Menambahkan Teman

Nah, sekarang adalah langkah mencari teman yang merupakan salah satu tujuan kita membuat akun Facebook.

Klik pada link “Teman” lalu klik pada tombol “Cari Teman”.


Facebook akan membuka daftar akun yang informasinya relevan dengan info profil kita. Seperti pada contoh ini kita mengisi SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai info pendidikan SMA kita. Maka Facebook secara otomatis akan menampilkan daftar akun yang berasal dari sekolah yang sama.


Klik tombol “+1 Tambah Sebagai Teman” untuk menambahkan akun ke daftar teman. Akun tersebut akan menjadi teman kita setelah dia mengkonfirmasi menerima permintaan pertemanan kita.

Langkah 7 – Update Status

Ini merupakan hal yang akan menjadi rutinitas kita dalam menggunakan Facebook. Jika telah terdaftar, kita dapat melakukan update status dari mana saja.

Klik pada link “Beranda” , lalu klik pada kotak “Perbaharui Status” dan ketiklah apa saja yang kita inginkan.


Jika ingin menambahkan foto atau gambar pada status kita, klik “Tambahkan Foto/Video” atau klik icon bergambar kamera di bagian bawah kotak status.

Klik “Kirim” untuk meng-update status Facebook kita.

Langkah 8 – Berkomentar di Facebook

Interaksi utama dalam Facebook adalah dengan mengomentari sesuatu. Kita dapat mengomentari status atau hal lainnya di Facebook. Umumnya untuk dapat mengomentari status seseorang kita harus menjadi temannya terlebih dahulu. Jika permintaan pertemanan kita pada Langkah 6 telah diterima, kita dapat mengomentari status orang tersebut.


Klik pada kotak untuk mengomentari dan tekan enter setelah selesai mengetik.

Langkah 9 – Pemberitahuan (Notifikasi)

Dalam Facebook ada 3 jenis pemberitahuan atau notifikasi.


Notifikasi Pertemanan
Icon bergambar orang ini menginformasikan adanya permintaan pertemanan kepada kita.

Notifikasi Pesan
Icon bergambar callout ini memberitahukan ada pesan yang masuk ke kotak pesan kita (inbox).

Notifikasi Umum
Icon notifikasi bergambar dunia merupakan pemberitahuan hal-hal yang bersifat umum, seperti ada yang mengomentari status kita, atau ada yang turut mengomentari status teman yang telah kita komentari sebelumnya, ataupun hal lainnya.

Klik pada gambar icon untuk membuka notifikasi.

Langkah 10 – Keluar dari Facebook (Logout)

Jika kita menggunakan komputer di warnet atau komputer teman untuk masuk ke Facebook, sangat disarankan untuk melakukan Logout setelah selesai menggunakannya. Ini untuk mengurangi kemungkinan akun kita dibajak atau di-hack oleh orang lain.

Klik pada icon Gear di pojok kanan atas dan pilih Keluar untuk Logout dari Facebook.


Oke, rasanya sudah cukup panduan ini, mulai dari cara membuat, setting atau pengaturan dan aktivitas awal kita di Facebook. Semoga tulisan ini udah bisa membantu kita yang masih awam dengan Facebook agar dapat turut merasakan manfaat dari situs jaringan sosial ini.